KategoriEkonomi dan Perdagangan
Judul"Analisis Potensi Investasi Berbagai Produk Kelapa Dalam Rangka Mendukung Kawasan Usaha Agribisnis Terpadu (KUAT)"
Penulis(1) Drs. Broto Sungkowo, (2) Ir. Uray Ali Umran, MP, (3) Sugeng Kalimanto, SE
Tahun2007
Keterngan

Abstrak

Parkir merupakan salah satu kontributor retribusi daerah yang dapat menambah income daerah dari sektor PAD (pendapatan asli daerah) bila dikelola dengan baik.

Perkembangan pembangunan kota Pontianak yang sangat pesat dewasa ini menyebabkan semakin bertambahnya pengguna kendaraan bermotor, yang membawa konsekuensi salah satunya pada keberadaan lahan perparkiran sebagai fasilitas yang amat diperlukan warga kota Pontianak. Dilihat dari sisi ini, parkir menjadi salah satu kontributor daerah yang dapat menambah income daerah dari sektor penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) bila dikelola dengan baik.

Penerimaan dari sub sektor perparkiran dalam PAD dapat dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah penerimaan dari retribusi parkir yang dikelola oleh Dinas Perhubungan (DisHub) Kota Pontianak dan selanjutnya adalah penerimaan dari pajak parkir yang dikelola oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Pontianak.

Penelitian ini berbentuk deskriptif (descriptive design). Penelitian dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan di Kota Pontianak dengan menggunakan metode wawancara dan sampling (purposive sampling) pada pengguna jasa perparkiran, pengelola parkir dan pembuat kebijakan (Perda).

Dari analisis yang dilakukan, ternyata belum maksimalnya penerimaan PAD dari subsektor parkir dikarenakan dua hal yang utama yakni muatan peraturan daerah yang belum begitu komprehensif mengatur mengenai sistem perparkiran dan pengelolaan perparkiran yang ideal dan kesiapan sumber daya manusia dari instansi terkait yang mengelola perparkiran di kota Pontianak.

Photo Kegiatan