KategoriInfrastruktur
JudulDesain Komprehensif Penentuan Titik Potensi Perikanan Tangkap Pelagis Provinsi Kalimantan Barat
PenulisBadan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimatan Barat dan Pusat Kajian Pesisir dan Laut
Tahun2000
Keterngan

Abstrak

Optimasi pemanfaatan potensi kelautan dan perikanan secara keseluruhan di suatu wilayah peraiaran memerlukan kelengkapan data parameter perairan dengan tingkat validitas tinggi dan up to date serta real time sehingga dengan metode tertentu dapat dipetakan Zona Potensi Penangkapan Ikan pada suatu wilayah.

Pemanfaatan potensi perikanan di perairan Kalimantan Barat secara optimal memerlukan desain dan sistem yang mampu menyediakan data bagi kegiatan usaha penangkapan. Laut Cina Selatan/Natuna yang merupakan fishing ground nelayan Kalimantan Barat merupakan daerah potensial untuk usaha penangkapan karena potensi yang dimiliki dan tingkat pemanfaatan yang masih belum optimal.

Penelitian ini mendesain suatu alat yang dapat mendeteksi suhu perairan dn salinitasnya secara real time. Informasi suhu dan salinitas dari instrumen yang dihasilkan ini kemudian digunakan untuk melengkapi data hasil olahan citra satelit NOAA-AVHRR kanal 16 dan SeaWIFs berupa Sea Surface Temperature dan klorofil-a. Pada tahapan penelitian selanjutnya data tersebut dilengkapi pula dengan data hasil tangkapan untuk memvaliditasi titik pendugaan potensi ikan yang dibuat sehingga akan dihasilkan peta potensi sumberdaya penangkapan ikan.

Penelitian pada tahun pertama ini telah menghasilkan instrumen berupa buoy yang dilengkapi dengan sensor suhu dan salinitas dengan menggunkan teknologi GSM. Instrumen buoy ini merupakan bagian dari sistem pancar-terima data yang diberi nama INDRAN (Instrumen Pendeteksi Parameter Perairan) serta rancangan awal Sistem Informasi Perairan. Selain itu pada tahun pertama ini juga dihasilkan peta titik pendugaan sementara potensi perikanan pelagis yang merupakan hasil olah data citra satelit NOAA-AVHRR kanal 16 dan SeaWIFs.

Photo Kegiatan