Lomba Karya Perekayasaan (LKP) Tahun 2016

Lomba Karya Perekayasaan (LKP) Tahun 2016

Sebuah pekerjaan besar bagi Pemerintah, stakeholders dan masyarakat untuk mengubah paradigma budaya konsumtif menjadi budaya inovatif. Namun dalam menghadapi era modern terlebih khusus memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang telah bergulir sejak tahun 2015 merupakan suatu kewajiban bagi seluruh lapisan masyarakat untuk menguasai iptek dan menjadi lebih produktif dalam berinovasi sehingga untuk menjadi bangsa yang mandiri dan sejahtera serta mampu bersaing di tingkat ASEAN bukanlah sesuatu yang mustahil.

 Berpijak dari hal tersebut, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam hal ini Kantor Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat sebagaimana yang telah diamanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2002 pasal 24 ayat (2) dan berdasarkan Peraturan Gubernur Kalimantan Barat Nomor 68 Tahun 2008 memiliki tugas yang strategis di bidang penelitian dengan tujuan untuk memelihara serta meningkatkan budaya penelitian dan pengembangan dalam upaya peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi di Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan Lomba Karya Perekayasaan (LKP) 2016. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan penghargaan masyarakat yang berinovasi dalam iptek khususnya dalam perekayasaan yang memiliki nilai kebermanfaatan dan kompetitif di masyarakat luas. Diharapkan, melalui LKP 2016 se-Kalimantan Barat ini dapat menjadi stimulasi bagi seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengubah diri menjadi masyarakat yang berbudaya inovatif untuk membangun Kalbar dan Indonesia dengan invensi atau temuan-temuannya.

  Pada tahun 2016  ini, dengan mengusung tema“Mendorong inovator Kalbar bersaing dalam masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) melalui Hilirisasi dan Komersialisasi Hasil IPTEK” lomba Karya Perekayasaan (LKP) pada tahun 2016 ini lebih diarahkan untuk menjaring invensi atau temuan dari masyarakat inovator Kalbar yang berpotensi untuk mendukung hilirisasi industri dan komersialisasi sekaligus menjawab tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. 

 

Lomba Karya Perekayasaan (LKP) 2016 telah diselenggarakan sejak 21 Maret 2016 yang tahapannya meliputi

  1. Pendaftaran Karya Perekayasaan

:

21 Maret s.d 5 Agustus 2016

  1. Penilaian Tahap I

:

15  Agustus s.d. 6 September 2016

  1. Penilaian Tahap II

:

14 September 2016

  1. Pengumuman Juara /Penyerahan Hadiah

:

15 September 2016

 

Pada proses pendaftaran, terdata 20 inovator Kalbar yang siap berkompetisi untuk memperebutkan penghargaan berupa Tropi, Piagam Penghargaan dari Sekertaris Daerah Kalimantan Barat beserta insentif dana motivasi. Besaran insentif dana motivasi bagi para Juara adalah sebagai berikut.

Tingkat Juara

Insentif Dana Motivasi (Rp.)

Juara I

10.000.000

Juara II

8.500.000

Juara III

7.500.000

Juara Harapan I

5.500.000

Juara Harapan II

4.500.000

 Untuk menjaga profesionalitas dan objektifitas dalam penilaian karya peserta LKP Se-Kalimantan Barat tahun 2016 ini, maka komposisi dewan juri LKP ini meliputi 2 orang Perekayasa Madya pada Kantor Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat yaitu Ir. Uray Ali Umran, MP dan Achmad Nashar Setyabudi, SP; 2 orang akademisi/dosen dari Universitas Tanjungpura Pontianak yaitu Dr. Ir. Tino Orcini Chandra, M.S (Fak. Pertanian) dan Tri Wahyudi, S.T, M.T ( Teknik Industri); dan Ramli Abidin, S.T, M.T (akademisi/dosen Teknik Elektro Politeknik Negeri Potianak).

 Melalui penjurian yang dilakukan pada tahap I, telah didapatkan 8 karya inovator terbaik Kalbar yang selanjutnya mempresentasikan karyanya di depan para Dewan Juri pada Penilaian Tahap II untuk memperebutkan penghargaan 5 besar pada 14 September 2016 di hotel Kapuas Dharma 2 Pontianak.

Berdasarkan penilaian dan pertimbangan Dewan Juri pada penilaian tahap II yang diselenggarakan pada Rabu, 14 September 2016 di Hotel Kapuas Dharma 2 Pontianak, sebagaimana  yang tertulis dalam Berita Acara No. 361/KPPKB/2016 dan telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Kantor Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat Nomor 28/KPPKB/2016, inovator Kalbar yang dinyatakan sebagai pemenang Lomba Karya Perekayasaan Tahun 2016 adalah sebagai berikut.

PERINGKAT

JUDUL KARYA

NAMA PESERTA

ASAL

 

JUARA I

 

MESIN PENGERING TIPE EFEK RUMAH KACA HYBRID UNTUK KOMODITI HASIL PERTANIAN

SHOLAHUDDIN dan

YOHANA SKD

KOTA PONTIANAK

JUARA II

ALAT PENGUPAS KULIT BUAH KELAPA

WAHIDIN dan

RIO ANGGARA

KAB. SAMBAS

JUARA III

ALAT PEMBELAH BIJI KELAPA PRAKTIS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA MASYARAKAT PETANI KOPRA

ERDI dan

MISBUN

KAB. SAMBAS

 

JUARA HARAPAN I

I-MAB (INOVASI MASKER PENANGKAL ASAP BERPELUIT) UPAYA MENJAGA KESEHATAN POLANTAS dan MASYARAKAT DARI ASAP KENDARAAN MAUPUN ASAP PEMBAKARAN

VINCENT

KOTA PONTIANAK

JUARA HARAPAN II

ALAT BANTU DENGAR MINI (HEARING AID)

MUHAMMAD RIDZAL MAULANA dan

MINANDA AFRIANSYAH

KOTA PONTIANAK

 Pada acara Penutupan LKP 2016 yang dirangkai dengan penyerahan penghargaan kepada para pemenang, Lensus Kandri, S.H, M.H (Asisten II Pemerintah Provinsi Kalbar) dan Yohanes Budiman, S.IP, M.Si (Kepala Kantor Litbang Provinsi Kalbar) mengharapkan para peserta khususnya yang telah mendapatkan penghargaan dalam Lomba Karya Perekayasaan (LKP) 2016 ini tidak hanya stagnan pada level daerah, namun juga dapat menyempurnakan karyanya dan mengikuti berbagai kompetisi perekayasaan lainnya di level nasional atau bahkan di level internasional. Inovasi-inovasi pada invensi/temuan-temuan yang telah dilakukan diharapkan juga nantinya dapat diproses untuk mendapatkan hak kekayaan intelektual/paten serta dipromosikan di dunia industri. Sehingga nilai invensi yang dihasilkan dapat dirasakan oleh masyarakat.

 

-sekian-


Berita Terkait...



Photo Kegiatan