Balitbang Gelar Rakor Kelitbangan se Kalimantan Barat, Ini Temanya

By Administrator // Jumat, 16 Oktober 2020 // 02:27 WIB // Umum

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Balitbang Provinsi Kalimantan Barat meggelar Rapat Koordinasi Kelitbangan Se- Kalimantan Barat Tahun 2020 secara virtual dan offline di Ruang Pontive Center Kantor Wali Kota Pontianak, Kamis 15 Oktober 2020.

 

Adapun Tema yang diangkat terkait “ Transformasi Struktur dan Fungsi Kelembagaan Litbang Paska Kehadiran RISTEK/BRIN”.

 

Gubernur Kalimantan Barat dalam kesempatan ini diwakili oleh Dr. Syarif Kamaruzaman membuka Webinar Kelitbangan Provinsi Kalbar secara langsung. Syarif Kamaruzaman mengatakan meskipun kegiatan tahun ini melalui Webinar. Namun sudah menunjukkan komitmen dan kepedulian terhadap masa depan Kelitbangan di daerah. 

 

Gubernur Kalbar juga meminta agar hasil Kelitbangan di desiminasikan ke Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta kepada masyarakat.

 

Lembaga Penelitian baik yang dikelola Pemerintah maupun Non Pemerintah berperan penting memajukan peradaban dan memadukan Riset dan Penelitian sebagai salah satu industri di sektor pengetahuan.

 

Sehingga menguatkan Lembaga Riset sebagai modal utama membangun Industri dan memajukan pertumbuhan ekonomi. 

 

Tadak heran, banyak negara termasuk Indonesia mulai mengedepankan Penelitian dan Pengembangan sebagai tombak dalam menentukan kebijakan. 

 

“Mengingat hasil penelitian dan pengembangan dapat berupa konsep, model,  rekomendasi kebijakan yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan publik kesehatan, kesejahteraan sosial, Iptek. dan lain- lain,” ujarnya. 

 

Oleh sebab Itu, dalam peningkatan kelembagaan sumber daya manusia peneliti, serta mewajibkan badan Litbang memiliki Inovasi yang menjadi masukan bagi Perencanaan Pembangunan Daerah dan Kebijakan Daerah. 

 

Salah satu lnovasi yang telah dilakukan Pemerintah Kalimantan Barat yang dlkembengkan oleh Litbang Kalbar adalah “Aplikasi Program Pelayanan Infomasi Kelitbangan Berbasis Data Geospasial.

 

Program tersebut bersinergi dengan Ekosistem Inovasi “Triple helix”, yaitu kerja sama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, ahli dan pakar Sistem Infomasi Geografis dari Perguruan TInggi, serta para profesional muda yang tergabung dalam Komunitas Keprofesionalan Kalimantan Barat. 


Aplikasi ini dinamakan Khatulistiwa One Map. 
“Saya berharap kelitbangan baik Provinsi dan kabupaten kota tidak berpuas diri dengan hasl yang telah dicapai.

 

Gubernur Kalbar juga meminta agar hasil Kelitbangan di desiminasi ke Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta kepada masyarakat,” pungkasnya.



Sumber :

Penulis: Anggita Putri

Editor: Zulkifli

https://pontianak.tribunnews.com/2020/10/15/balitbang-gelar-rakor-kelitbangan-se-kalimantan-barat-ini-temanya?page=2.

Share Post: