Balitbang Kalbar Apresiasi Para Perekayasa

By Administrator // Rabu, 30 Oktober 2019 // 08:30 WIB // Umum

Balitbang Kalbar kembali menggelar Lomba Karya Perekayasaan (LKP). Tahun ini ada 19 peserta se-Kalbar yang masuk tahap seleksi dan dari jumlah tersebut enam karya diantaranya berhak bersaing di final.

 

Sebagaimana telah diamanatkan dalam UU Nomor 18 Tahun 2002 pasal 24 ayat 2, dimana setiap warga negara yang melakukan penelitian, pengembangan, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi mempunyai hak memperoleh penghargaan. Penghargaan yang layak harus diberikan pemerintah dan atau dari masyarakat sesuai kinerja yang dihasilkan.

 

Kepala Balitbang Kalbar Ansfridus J Andjioe mengungkapkan, Balitbang sebagai pelaksana urusan pemerintahan di bidang penelitian dan pengembangan wajib memberikan apresiasi kepada para perekayasa. Dimana lomba ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Kalbar. Baik itu masyarakat umum, pegawai, karyawan swasta maupun para pelajar.

 

Tema yang diangkat dalam lomba ini yaitu, Inovasi Implementasi dan Pengembangan Potensi Daerah dalam Mempercepat Kemajuan dan Kemandirian Desa. Dimana ada sebanyak 19 peserta yang ikut berpartisipasi. Mereka berasal dari Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, Sambas dan Bengkayang.

 

“Mereka mengirimkan karyanya untuk diseleksi melalui beberapa tahap yaitu seleksi administrasi, seleksi tahap satu dan seleksi pada tahap dua,” terang Ansfridus saat membuka kegiatan LKP tahun 2019, Selasa (29/10).

 

Prosesnya hasil karya yang masuk ke panitia diseleksi sebanyak dua kali baik oleh panitia penyelenggara maupun dewan juri. Dari 19 peserta, ada enam berhasil lolos masuk sebagai finalis yang dipilih berdasarkan kriteria-kriteria dewan juri serta panitia.

 

“Dan mereka harus mempresentasikan karya mereka di depan dewan juri LKP Tahun 2019, serta memperebutkan total hadiah sebesar Rp49 juta,” katanya.

 

Adapun finalis yang masuk, ada tiga dari Kota Pontianak, satu dari Kabupaten Mempawah dan dua dari Kabupaten Sambas. Ansfridus berharap ke depan bisa lebih banyak lagi peserta dari daerah yang berpartisipasi. Sesuai tema apa yang dihasilkan harus bisa bermanfaat bagi percepatan kemajuan di desa masing-masing. “Finalis yang masuk kebanyakan memang berkaitan dengan teknologi pangan,” pungkasnya.(bar)

 

Sumber :

https://pontianakpost.co.id/balitbang-kalbar-apresiasi-para-perekayasa/

Share Post: