Balitbang Kalbar Terima Visitasi Tim KI Kalbar Untuk Melakukan Penilaian Badan Publik

By Administrator // Senin, 28 Oktober 2019 // 09:02 WIB // Umum

PONTIANAK- Ketua Komisi Informasi (KI) Kalbar Syarif Muhammad Herry melakukan visitasi bersama Tim Visitasi Komisi Informasi Provinsi (KIP) melakukan penilaian Badan Publik ke Kantor Badan Penelitian Dan Pengembangan Provinsi Kalbar, Kamis (24/10/2019).

 

Syarif mengatakan sebelumnya Kuesioner Penilaian Mandiri/Self Assessment Questionnaire (SAQ) telah disampaikan kepada Balitbang Provinsi Kalimantan Barat dan melalui visitasi tersebut penilaian dilakukan secara langsung oleh Tim untuk memastikan apakah dokumen SAQ secara fisik telah tersedia.

 “Badan publik yang menjadi peserta monitoring evaluasi badan public tahun 2019 ini berjumlah 154 badan publik yang sedang kami visitasi,”ujarnya.


Ia mengatakan secara detail kriteria dari Balitbang sendiri terpandu dalam lembaran penilaian yang merupakan breakdown UU keterbukaan infomrasi publik juga breakdown dari peraturan Komisi imKnformasi nomor 1 tahun 2013.

 

Di dalam indikator yang menjadi penilaian itu berkaitan dengan komitmen kepala badan publik ditingkat provinsi , kemudian berkaitan dengan kolaborasi dan kordinasi dan berkaitan dengan inovasi terutama hal yang berkaitan dengan komitmen yang diberikan perhatian sangat tinggi. Karena menurutnya dengan adanya komitmen para pimpinan disetiap tingkatan maka keterbukaan informasi publik semakin lancar dan mudah berjalan .

 

"Dengan kita terbuka berarti pelayanan informaai publik dapat terpenuhi kemudian perhimpunan data yang diperlukan itu akan terkumpul dan juga bisa mendukung pola atau pun visi dari gubernur Kalbar dengan komitmen yang tinggi diikuti dengan kebijakan Pak Midji," ujarnya.

 

Seperti pada beberapa hari yang lalu Pemprov telah meresmikan Data Analytic Room yang menjadi satu kebanggaan untuk provinsi Kalbar karena tidak semua provinsi memiliki itu.

"Sehingga kita dapat men ermati visi beliau yang sangat konsen terhadap keterbukaan publik dan sangat konsen dengan data yang menjadi acuan dalam mebuat kebijakan ," ujarnya.

 

Ia mengagakan secara berjenjang 2016 Kalbar mendapat peringkat ke 7 untuk keterbukaan informasi, pada 2017 di peringkat 1 dan 2018 peringkat 3.

 "Melihat kondisi perkembangan di Kalbar saat ini kita optimis bahwa soal peringkat. Kemudian yang lebih penting pelayanan informasi di Kalbar optimis akan semakin baik ," ujarnya.

 

 Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat, Ansfridus J. Andjioe mengatakan Balitbang Kalbar dalam menghadapi penilaian dari Komisi Informasi ini benar- benar menyiapkan yang terbaik.

 "Semua kita maksimalkan untuk di nilai dan ini seterusnya bukan karena saat ini saja, tapi ingin seterusnya dan Balitbang akan terbuka masalah apapun juga sebagai contoh nanti akan di upload di website berapa anggaran dan penggunaannya berapa ," ujarnya.

 

Ia ingin Balitbang Kalbar sebagai percontohan untuk keterbukaan informasi.

"Jadi nanti semua bisa lihat hasil penelitian apa yang dilakukan dan hasilnya. Kita ingin semua trlerbuka dan tidak ada hal yang ditutupi," pungkasnya. (*)

 

Sumber :
https://pontianak.tribunnews.com/2019/10/26/balitbang-kalbar-terima-visitasi-tim-ki-kalbar-untuk-melakukan-penilaian-badan-publik?page=2.
Penulis: Anggita Putri
Editor: Wahidin

Share Post: