Balitbang Kalbar Terus Lakukan Pembelajaran untuk Pelayanan Publik Yang Transparan

By Administrator // Kamis, 19 Desember 2019 // 09:30 WIB // Umum

PONTIANAK - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Kalimantan Barat menggelar kegiatan dialog interaktif bertajuk mewujudkan pelayanan publik yang transparan melalui data yang valid dan akurat, di Aula Kantor Balitbang Provinsi Kalbar, Senin (16/12/2019).

 

Sekretaris Balitbang Kalbar, Emi Puterina mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memotivasi seluruh jajaran di Balitbang Kalbar.

 

Hal itu dilakukan dengan harapan akan ada satu presepsi dalam memberikan pelayanan dan keterbukaan informasi bagi publik atau masyarakat. "Alhamdulillah dengan dicapainya peringkat satu (OPD informatif) kemarin, itu juga menjadi cambuk untuk dapat melakukan pelayanan informasi dan melaksanakan keterbukaan informasi dengan sebaik mungkin," katanya.

 

Sementara itu satu diantara pembicara yang dihadirkan yakni Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalbar Agus Priyadi menilai apa yang sudah dilakukan jajaran Balitbang Kalbar dalam memberikan pelayanan dan keterbukaan informasi cukup luar biasa.

 

Ia mengatakan terbukti Balitbang berhasil menduduki peringkat pertama OPD informatif se-Pemprov Kalbar tahun 2019. "Tentu ini satu langkah lagi dalam rangka menyatukan kekuatan apa yang ada di Balitbang ke depan bisa menjadi ikon di Kalbar. Khususnya data yang valid, akurat dan tentu transparan," ujarnya.

 

Pihaknya akan terus mendorong agar ke depan pelayanan di sana semakin baik, terutama untuk pelayanan publik sehari-hari di Balitbang. Minimal seluruh pihak sudah memiliki kesamaan presepsi untuk memberikan pelayanan yang prima.

 

Karena memang Balitbang dituntut mampu memberikan data yang valid dan akurat. Meskipun untuk bisa mencapai hal itu, menurutnya perlu kerja sama yang baik pula dengan pihak-pihak pengelola data lainnya. Salah satunya Badan Pusat Statistik (BPS). "Setidaknya saya lebih mengedepankan data yang update, itu sudah luar biasa. Ke depannya tentu akan bersinggungan pula dengan masyarakat yang akan meminta informasi," ujarnya.

 

Pembicara lainnya, Koordinator Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi KI Kalbar Chatarina Pencer Istiyani menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Balitbang untuk bisa memotivasi jajarannya. Sekaligus bisa menjadi contoh bagi OPD yang lain.

 

Karena dengan melihat lembaga secara internal otomatis bisa melakukan pembenahan pelayanan. Khususnya pelayanan yang berkaitan dengan informasi publik. "Selain komitmen saya melihat ini juga menjadi satu inovasi bagaimana Balitbang punya ide, bukan hanya soal pengembangan tapi juga kegembiraan dalam pelayanan informasi," katanya.

 

Kesempatan ini juga sekaligus menjadi wadah saling koordinasi antara Balitbang dengan Ombudsman dan KI Kalbar. Agar para ASN di sana semakin termotivasi melakukan pelayanan informasi yang lebih baik lagi.

 

Bahkan ke depan KI dan Balitbang siap menjalin kerja sama terkait informasi. Seperti penelitian keterbukaan informasi dan pelayanan publik, agar hasilnya bisa direkomendasikan atau diimplementasikan oleh semua OPD yang ada. "Mudah-mudahan ini bisa terwujud di tahun 2020, kami sangat menyambut baik," pungkasnya. (Ang)

 

Sumber :

https://pontianak.tribunnews.com/amp/2019/12/17/balitbang-kalbar-terus-lakukan-pembelajaran-untuk-pelayanan-publik-yang-transparan

Penulis: Anggita Putri

Editor: Madrosid

Sumber: Tribun Pontianak

Share Post: