Balitbang Provinsi Kalbar Gelar Kegiatan Penguatan Inovasi Daerah

By Administrator // Kamis, 29 Agustus 2019 // 01:32 WIB // Umum

PONTIANAK - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Kalbar Gelar Kegiatan Penguatan Inovasi Daerah. Kegiatan ini mengangkat tema “Inovasi dan Pemetaan Daya Saing Daerah untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat” yang dilaksanakan di Hotel Kini Jalan Nusa Indah 3 Pontianak, selasa (20/8/2019).

 

Kegiatan ini melibatkan Kementerian Dalam Negeri, Kemenristekdikti, serta Ombudsman Perwakilan Kalimantan Barat sebagai narasumber. Hadir pada kegiatan tersebut sebagai peserta yaitu 14 Pemerintah kabupaten / Kota se-Kalimantan Barat yang terkait dengan urusan Penelitian dan Pengembangan, Pemberdayaan Masyarakat Desa, serta Industri dan Perdagangan.

 

Unsur-unsur lainnya yang ikut menghadiri kegiatan tersebut diantaranya Perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Bank Indonesia, Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan RI, Bank Kalbar, PDAM, Akademisi, LSM dan perwakilan masyarakat lainnya. Turut serta mendukung kegiatan tersebut anggota Majelis Pertimbangan (MP) Badan Litbang Provinsi Kalbar yang terdiri dari Rektor dan Guru Besar Perguruan Tinggi Ternama di Kalimantan Barat serta Kadin dan WWF.

 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat, Ansfridus J. Andjioe mengatakan bahwa kegiatan Penguatan Inovasi Daerah dilaksanakan dalam rangka mewujudkan Kalimantan Barat menjadi Provinsi yang berbasis Innovation-driven economy. “Kita perlu menggali potensi-potensi yang ada di masyarakat dengan mendorong inovasi daerah, karena kita tidak bisa semata-mata menggantungkan ekonomi dari sumber daya alam yang ada” ungkapnya.

 

Untuk itu acara yang digelar pada hari ini menggabungkan 3 (tiga) isu strategis yang saling kait mengkait yaitu Inovasi daerah, Daya Saing Daerah, serta pelayanan Publik. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari diikuti oleh 100 peserta dengan menghadirkan pemateri dari BPP Kemendagri dan Kemenristekdikti untuk hari pertama. Sementara di hari kedua pemaparan materi akan dibawakan oleh Kepala Ombudsman Perwakilan Kalimantan Barat, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, serta Peneliti dari Balitbang Provinsi Kalimantan Barat.

 

Sumber :
https://pontianak.tribunnews.com/2019/08/20/balitbang-provinsi-kalbar-gelar-kegiatan-penguatan-inovasi-daerah.
Penulis: Anggita Putri

Editor: Madrosid

Share Post: