Balitbang Raih Peringkat Satu Keterbukaan Informasi Badan Publik Kategori OPD Tahun 2019

By Administrator // Senin, 09 Desember 2019 // 01:00 WIB // Umum

Saat ditemui usai menerima penghargaa, Ansfridus mengatakan hal tersebut bisa tercapai karena kerja luar biasa yang dilakukan oleh dirinya dan teman-teman Balitbang Kalbar.

"Sehingga kami mendapatkan peringkat pertama untuk keterbukaan informasi. Kedepan kami akan lebih lagi dan benar-benar bekerja untuk mempertahanknya ," ujarnya. Ia mengatakan keterbukaan informasi sangat penting untuk investasi artinya kalau terbuka mulai dari prosesnya dan datanya itu sangat berarti. "Jadi dengan keterbukaan itu tidak ada biaya sama sekali untuk pengurusan perizinan dan data yang dibutuhkan ada semuanya," pungkasnya. 

 

Pemkab Sanggau Raih Peringkat Pertama Sebagai Badan Publik Informatif

Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau meraih peringkat pertama sebagai badan publik informatif, kategori Pemerintah Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019. Penghargaan diterima langsung Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau, Yulia Theresia.

 

Pada kegiatan penganugerahan keterbukaan informasi badan publik Se-Kalimantan Barat, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (5/12/2019). Hadir pada kesempatan tersebut Gubernur Kalbar, H Sutarmidji,  Ketua Komisi Informasi Pusat, Gede Nuryana, Sekda Kalbar, AL Leysandri, Ketua KI Provinsi Kalbar, Syarif Muhammad Herry. Bupati/Wali Kota se-Kalbar, Wakil Bupati/Wakil Wali Kota se-Kalbar, termasuk diantaranya Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Kepala OPD Provinsi Kalbar.

 

Kadis Kominfo se-Kalbar, termasuk diantaranya, Kadis Kominfo Sanggau, Yulia Theresia, Forkompimda, Instansi Vertikal dan para tamu undangan. Usai menerima penganugerahan keterbukaan informasi badan publik, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengatakan harus kita tingkatkan pengalaman kemarin yang berada pada peringkat ketiga yakni menuju informatif.

 

"Nah, hari ini kita memperoleh peringkat pertama sebagai badan publik informatif untuk kategori Pemerintah Kabupaten/Kota Provinsi Kalbar." "Tentu ini kerjasama atau kerja keras kita secara lintas sektoral yang dipimpin oleh Bupati, yakni bagaimana kita meningkatkan keterbukaan informasi ini secara menyeluruh, baik itu dari sisi apapun," katanya.

 

Wabup juga mengatakan kedepan lebih kita tingkatkan lagi sesuai dengan arahan Gubernur.

Karena dari semua hal pun masyarakat harus tau dan apapun masalahnya. "Sampai kegiatan-kegiatan proyek pun harus tau, di masing-masing OPD apa yang dilakukannya, dimana, siapa yang menanganinya dan untuk kepentingan apa. Sehingga ini saya kira harus kita tingkatkan lagi."


"Sehingga harapan kita keterbukaan informasi di Kabupaten Sanggau dimasa yang akan datang lebih baik lagi,"ujarnya. Ontot juga menyampaikan dengan meraih peringkat pertama tersebut tidak boleh merasa puas dulu. Akan tetapi harus kita tingkatkan lagi kinerja kita. "Gerak dan sepak terjang kita bagaimana masyarakat sebagai salah satu hak asasi dia memperoleh informasi secara luas," tegasnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Kadis Kominfo Sanggau, Yulia Theresia yang juga selaku PPID Utama Kabupaten Sanggau mengatakan pada hari ini merasa bangga dan bahagia. "Kita mengucapkan selamat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau telah meraih penghargaan peringkat pertama sebagai badan publik informatif untuk kategori Pemerintah Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Barat,"katanya

 

Yulia menjelaskan, tahun lalu Pemerintah Kabupaten Sanggau meraih peringkat ketiga keterbukaan informasi badan publik. "Pada tahun ini kita bisa meningkat lagi meraih peringkat pertama sebagai badan publik informatif se-Kalimantan Barat. Yang mana saat ini posisi kita yakni sudah informatif,"jelasnya. Ia mengucapkan selamat dan terimakasih kepada PPID Pembantu yang sudah bekerja keras.

 

"Terimakasih kepada teman-teman di SKPD Kabupaten Sanggau sebagai PPID Pembantu yang juga telah sama-sama kita mendorong bagaimana keterbukaan informasi di Kabupaten Sanggau ini menempatkan pada posisi informatif,"ujarnya. Untuk itulah, Yulia berharap ke depan kita harus bisa mempertahankan keterbukaan informasi tersebut.

 

"Dan bahkan kita tingkatkan lagi kualitas informasi kita kepada publik." "Adapun langkah-langkah kedepan kita benahi dan kita tingkatkan lagi terkait aplikasi PPIDnya dan akan kita kembangkan lagi," pungkasnya. (*)

Sumber :
https://pontianak.tribunnews.com/2019/12/05/balitbang-raih-peringkat-satu-keterbukaan-informasi-badan-publik-kategori-opd-tahun-2019?page=3.
Penulis: Anggita Putri
Editor: Wahidin

 

Share Post: