Balitbang Selenggarakan Workshop Pengelolaan Jurnal Internasional

Pontianak-, Balitbang Provinsi Kalbar selenggarakan kegiatan Workshop Pengelolaan Jurnal Internasional dengan tema “Meningkatkan Kemampuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah dari Tingkat Nasional Menuju Tingkat Internasional” yang dilaksanakan pada hari Rabu (11/09/2024) bertempat di Ruang Rapat Bappeda Provinsi Kalbar. Kegiatan warkshop dibuka oleh Plt. Kepala Balitbang Provinsi Kalbar Dra. Mahmudah, MM dan dihadiri oleh peserta terdiri dari OPD di Lingkungan Pemprov Kalbar dan OPD Kabupaten/Kota

serta perwakilan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta. Kegiatan tersebut menghadirkan empat narasumber yaitu Dr.Ir. Sutarman Gafur, M.Sc. (Untan Pontianak); Ir. Dadan Kusnandar, Ph.D (Untan Pontianak); Dr. Sudarsono, MA., Ph.D (Untan Pontianak); dan Dr.Muhammad Lutfi Hakim, MHI (IAIN Pontianak).

 

Menurut Plt. Kepala Balitbang Provinsi Kalimantan Barat Dra. Mahmudah, MM dalam Berbagainya, bahwa bagi para akademisi, periset serta pejabat fungsional lainnya, jurnal ilmiah sarana yang sangat penting untuk berbagi pengetahuan, membangun reputasi, berkontribusi pada perkembangan iptek serta peningkatan capaian publikasi yang dapat memberi dampak bagi peningkatan karier.

Saat ini Balitbang telah mengembangkan sarana publikasi ilmiah melalui “Jurnal Borneo Akcaya” untuk dapat terus meningkatkan kualitasnya menuju Sinta 2 (dua) bahkan bereputasi internasional atau terindeks global.

 

“Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami standar nasional hingga internasional dalam pengelolaan jurnal, mulai dari proses editorial, manajemen naskah, hingga cara-cara untuk meningkatkan indeksasi dan visibilitasnya,” tuturnya.

12 September 2024