Bupati Jarot Komitmen Bentuk Badan Litbang dengan Tipe C di Sintang

By Administrator // Kamis, 29 Agustus 2019 // 01:17 WIB // Umum

SINTANG- Rapat Koordinasi (Rakor) Kelitbangan Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019 diikuti oleh peserta yang merupakan perwakilan jajaran pemerintah 14 Kabupaten/Kota di Kalbar bertempat di Hotel My Home Sintang, Kamis (25/7/2019) pagi. Pada rapat kali ini, Kabupaten Sintang menjadi tuan rumah pelaksanaan. Hadir Asisten Setda Sintang Bidang Pemerintahan Abdul Syufriadi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sintang, Kartiyus.


menanggapi hasil rapat koordiansi tersebut, Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan komitmen untuk membentuk Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) di tingkat Kabupaten Sintang dengan Tipe C. "Jadi kita siap, saya perintahkan Kepala Bappeda untuk menyiapkan naskah dokumennya. Kita bentuklah Badan Litbang ini, tipenya sesuai hitungan, kita tipe C dulu lah yang ada 2 bidang, 1 sekretaris, dan 1 kepala badan," kata Jarot Winarno.

Menurut Jarot, Badan Litbang memang sangat dibutuhkan di Sintang. Apalagi khas masalah yang dihadapi di Kabupaten Sintang bermacam-macam. Baik. Itu dari aspek kesehatan, lingkungan, dan aspek-aspek lainnya. "Dulu waktu wabah penyakit kuning yang hanya ada di Sintang kebetulan saat itu saya Kepala Dinas Kesehatan kerjasama dengan Namru, itu lembaga penelitian angkatan laut Amerika, karena kita tidak ada Litbang," katanya.

Lanjut Jarot, saat masa Pemerintahan Bupati Simon Djalil juga pernah bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat penelitian potensi tanaman obat di hutan-hutan Kabupaten Sintang, hasilnya sangat berguna.  "Oleh sebab itu, mengingat kebutuhan kita akan penelitian-penelitian baik itu sakit kuning, stunting, kesehatan, kratom dan lainnya, kebutuhan kita akan suatu lembaga yang fokus dibidang penelitian ini sangat besar," tutup Jarot Winarno.

Sumber :
https://pontianak.tribunnews.com/2019/07/25/bupati-jarot-komitmen-bentuk-badan-litbang-dengan-tipe-c-di-sintang.
Penulis: Wahidin

Editor: Jamadin

Share Post: