Situs Resmi Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat

FGD Strategis Pengembangan Fasilitas dan Kawasan Pedesaan Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal (Studi Kasus Daerah Perbatasan di Kabupaten Sanggau)

Pontianak-, Balitbang Provinsi Kalimantan Barat bersama Universitas Tanjungpura selenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Penelitian Swakelola Tipe 2 tentang Strategi Pengembangan Fasilitasi dan Kawasan Pedesaan Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal (Studi Kasus Daerah Perbatasan Di Kabupaten Sanggau) yang dilaksanakan pada hari Jumat (17/11/2023) bertempat di Hotel Ibis Pontianak.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt. Kepala Balitbang Provinsi Kalbar Dra. Mahmudah, M.M. dan  dihadiri oleh Tim Peneliti Universitas Tanjungpura antara lain (1) Dr. Erdi, M.Si; (2) Achmad, S.E, M.E; (3) M. Iman Taufik, ME; (4) Ibnu Aswat, S.E., M.Ak, Ak; (5) Arman Jaya, S.Pd.I, M. Adapun Pembahas terdiri dari (1) Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah Provinsi Kalbar; (2) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalbar; (3) Kabid Pengendalian Sosial dan Budaya Bappeda Provinsi Kalbar; (5) Kabid Sosial dan Pemerintahan Balitbang Provinsi Kalbar; (6) Edy Agustinus, S.Sos, M.Sos (Peneliti Ahli Muda Balitbang Provinsi Kalbar.

Dalam Sambutannya, Plt. Kepala Balitbang Provinsi Kalbar Dra. Mahmudah, M.M. mengatakan bahwa upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan memerlukan kolaborasi berbagai pihak, baik untuk pelaksanaan kegiatan maupun pendanaannya. Ke depan, diharapkan target-target capaian peningkatan kesejahteraan di kawasan perbatasan dapat tercapai.

Untuk itu, peningkatan peran serta Pemerintah Desa dan masyarakat dalam pertahanan dan keamanan di perbatasan negara, penting dan mendasar karena perbatasan merupakan beranda atau serambi depan negara. Dalam konteks ini, dukungan peran serta masyarakat kawasan perbatasan perlu diperkuat melalui pendekatan kesejahteraan, keamanan dan kelestarian lingkungan secara bersama-sama.

Saya atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan mengucapkan terima kasih kepada Kepala LPPM dan Ketua Tim Peneliti Universitas Tanjungpura Pontianak yang telah bekerjasama dengan Balitbang yang mengangkat tema penelitian mengenai kawasan perbatasan,” tuturnya.

November 22, 2023

Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat

Website resmi Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat

Jalan Jenderal Ahmad Yani Pontianak Kompleks Kantor Gubernur Kalimantan Barat Kode Pos 78124
Nomor HP Anda
litbang@kalbarprov.go.id