Inovasi Geoportal dan Web Gis Kepong Bakol Dapat Predikat Terbaik di Ajang KALBARIA 2022

By Administrator // Selasa, 25 Oktober 2022 // 08:43 WIB // Umum

Pontianak, - Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Kubu Raya memperoleh predikat inovasi terbaik atas program inovasi Geoportal dan Web Gis Kepong Bakol.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat dalam ajang Kalimantan Barat Inovation Award (Kalbaria) 2022.

Bertempat di Hotel Aston Pontianak, pada penyerahan penghargaan ini hadir langsung Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Wakil Walikota Pontianak Bahasan, serta sejumlah pimpinan OPD terkait hari ini Senin 24 Oktober 2022.

Atas penghargaan yang diterima, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan yang menerima langsung penghargaan berharap inovasi yang telah dilakukan pihaknya dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas.

Ia menyampaikan, saat ini jumlah rumah tangga di Kabupaten Kubu Raya mencapai 184 ribu dengan jumlah sekira 611.000 penduduk, dan yang sudah terinput dalam program inovasi Geoportal dan Web Gis Kepong Bakol sebanyak 83 persen.

Dalam program tersebut dijelaskan Muda tidak hanya berisi tentang profil rumah tangga saja namun juga berisi tentang data kelompok tani, kelompok nelayan, pendidikan, kelompok keagamaan, data infrastruktur, dan sebagainya  sudah diinput dalam program tersebut.

Sehingga dapat memudahkan masyarakat atau pihak yang membutuhkan data dalam program pembangunan.

"Dalam inovasi ini tidak bicara sektoral, tetapi seluruhnya baik pertanian, perikanan, perkebunan, pelayanan perizinan, Adminduk, hak-hak dasar masyarakat dan sebagainya,"tuturnya.

Ia berharap dengan inovasi yang sudah dilakukan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Namanya inovasi itukan mencari sesuatu yang dilahirkan dari masalah, problem dan dicarikan solusi untuk mempercepat ruang dan waktu, apa yang dilihatnya yakni manfaatnya, mudah - mudahan ini dapat bermanfaat lebih luas lagi kedepan," harapnya.

Sumber : Tribun Pontianak

Share Post: