Komitmen Balitbang Keterbukaan Informasi Publik

By Administrator // Rabu, 30 Oktober 2019 // 08:23 WIB // Umum

Pontianak (Suara Kalbar) – Komitmen untuk menjadikan Badan Penelitian dan Pembangunan (Balitbang) Kalimantan Barat sebagai percontohan keterbukaan informasi publik dengan melakukan tarnsparansi dalam setiap program kerja dan penggunaan anggaran yang ada dikatakan Kepala Balitbang Kalbar.

 

"Komitmen kami untuk menjadi percontohan bagi instansi lainnya dalam keterbukaan layanan informasi publik dan kita akan semaksimal mungkin untuk mewujudkan transparansi baik itu program kerja maupun setiap anggaran yang akan kita gunakan," ungkapnya kepada suarakalbar.

 

Menurutnya untuk mewujudkan hal itu, pihaknya akan mempublish setiap kegiatan yang dilakukan, termasuk anggaran yang digunakan melalui web Balitbang Kalbar, sehingga masyarakat bisa melihat langsung berbagai kegiatan penelitian dan perjalanan dinas serta anggaran yang digunakan oleh lembaga tersebut.

 

"Sehingga masyarakat dapat memahami, penelitian apa saja yang kita lakukan, berapa kali perjalanan dinas dan biaya yang digunakan oleh setiap pegawai dan peneliti kita, itu semua akan kita publish di web Balitbang," jelasnya.

 

Komisioner KIP Kalbar, Arif Muhammad menegaskan pihaknya melakukan penilaian keterbukaan informasi publik terhadap Balitbang dan lembaga pemerintahan lainnya, sesuai dengan UU Ketrebukaan Informasi Publik Nomor 14 tahun 2008.

 

"Berdasarkan UU itu, kita diberikan mandat untuk melakukan monitoring dan evaluas keterbukaan informasi publik terhadap instansi pemerintahan yang ada, dimana dari hasil monitoring itu akan kita sampaikan kepada kepala daerah dan akan diinformasikan kepada publik," katanya.

 

Dari hasil penilian dan monitoring terhadap Balitbang Kalbar, Arif menyatakan pihaknya akan melakukan pengumpulan data dan informasi dari penilaian yang dilakukannya baik terhadap Balitbang, maupun kepada badan publik lainnya.

 

“Dengan keterbukaan informasi dari badan publik, tentu masyarakat bisa mendapatkan pelayanan semakin baik dari setiap badan publik tersebut,” tegasnya.

 

Terkait hal itu, dirinya juga menyampaikan apresiasi terhadap komitmen kuat dari Gubernur Kalbar Sutarmidji yang sudah membentuk Data Analitic Room yang menjadi bukti bahwa Pemprov Kalbar juga sangat berkomitmen untuk melakukan keterbukaan atas setiap informasi kepada publik.

 

"Karena tidak semua daerah memiliki Data Analitic Room ini, sehingga apa yang dilakukan oleh Gubernur Kalbar baru-baru ini, patut kita apresiasi," pungkasnya.

 

Sumber :

https://www.suarakalbar.co.id/2019/10/komitmen-balitbang-keterbukaan.html

Penulis : Dina Wardoyo

Editor   : Kundori

 

Share Post: