Kunjungan BRIN dalam rangka Validasi Model dan Pemanfaatan IDSD Di Kalimantan Barat

Balitbang Provinsi Kalbar bersama Bappeda Provinsi Kalimantan Barat mendapatkan kunjungan dari Tim IDSD Direktorat Pengukuran dan Penelitian Indikator Riset, Teknologi dan Inovasi BRIN, Rabu (15/11/2023) bertempat di Ruang Rapat Bappeda Provinsi Kalbar. Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Bappeda Provinsi Kalbar Dra. Mahmudah, MM dan didampingi Kabid Ekonomi dan Pembangunan Balitbang Provinsi Kalbar Dr. Abdul Haris Fakhmi, ST, MT



Tujuan dan topik diskusi dalam kunjungan tersebut yaitu membahas : (1) Bagaimana pemanfaatan IDSD di Provinsi /Kabupaten/Kota di wilayah Kalimantan Barat; (2) Dalam bentuk apa pemantaatan IDSD (di masa lalu dan sekarang); (3) Siapa yang dapat menggunakan atau mengolah hasil IDSD bagi perencanaan pembangunan daerah; (4) Apa hambatan/masalah dalam pemanfaatan IDSD; dan (5) Apakah IDSD cukup menggambarkan tingkat daya saing di daerah Anda. Adapun tujuan IDSD adalah menggambarkan kondisi daya saing daerah dan faktor pendorong produktivitas yang membentuk daya saing daerah. Hasil IDSD dapat dibandingkan dalam tatanan nasional dan internasional, serta memberikan data dan informasi untuk rujukan dalam penelitian kebijakan, fasilitasi, dan pelatihan daya saing daerah.


Sedangkan manfaat IDSD adalah BRIN dapat meningkatkan pemantauan dan pelatihan kepada BRIDA dan Pemerintah Daerah dapat meningkatkan daya saing daerahnya. Sedangkan BRIDA sendiri dapat meningkatkan kualitas rumusan rekomendasi kepada Pemda dan dunia usaha dapat meningkatkan strategi investasi dan pengembangan usahanya.

15 November 2023