Litbang Provinsi Kalbar Lakukan Kajian Aktual Kebijakan Gemar Membaca

By Administrator // Rabu, 09 November 2022 // 12:34 WIB // Penelitian

Pontianak, - Baliltbang Provinsi Kalimantan Barat melakukan Kajian Aktual Kebijakan Gemar Membaca dalam upaya peningkatan Indeks Literasi untuk mendukung peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalimantan Barat tahun 2022.

Rendahnya Indeks Aktifitas Literasi provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), sebagaimana dikatakan oleh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji pada tahun 2021 yang menyatakan bahwa literasi berperan penting dalam indeks pembangunan manusia (IPM).

Tetapi Pada tahun 2021 Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat Indonesia 2021 dari 7 Indikator Kajian indikator kunci urusan perpustakaan tahun 2021, Kalimantan Barat pada interva indeks 13,09 dalam kategori Baik.

Kepala Badan Litbang Provinsi Kalbar, Dr. Herkulana Mekarryani S., M.Si menyampaikan dari hal tersebut, pendidikan menjadi salah satu indikatornya baik formal maupun nonformal yang identik dengan literasi.

Kemudian ditambahkan pula bahwa sesorang yang menguasai literasi bisa menguasai berbagai ilmu dengan cepat dan bisa meningkatkan pemahaman tentang keilmuannya.

BPS Mencatat ada 11 provinsi lainnya yang masih menyandang status IPM sedang yang berada di rentang 60-70, yakni provinsi Lampung, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

“Penelitian tentang Kajian Aktual Kebijakan Gemar Membaca Dalam Peningkatan Indeks Literasi ini kita lakukan untuk Mendukung Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di Kalimantan Barat Tahun 2022,”ujarnya kepada Tribun Pontianak, Senin 7 Oktober 2022.

Penelitian ini dilaksanakan Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat Tahun Anggaran 2022 yang berdasarkan Undang-Undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang penumbuhan Budi Pekerti.

“Jadi ada beberapa tujuan dari penelitian tentang Kajian Aktual Kebijakan Gemar Membaca dalam Peningkatan Indeks Literasi untuk Mendukung Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di Kalimantan Barat Tahun 2022,“ujarnya

Diantaranya bertujuan untuk Menghasilkan suatu kajian tentang kebijakan gemar membaca dalam peningkatan indeks literasi untuk mendukung peningkatan indeks pembangunan 6 manusia di wilayah Kalimantan Barat.

Selain itu, untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan gemar membaca untuk peningkatan indeks literasi dalam mendukung peningkatan indeks pembangunan manusia di Kalimantan Barat.

Selanjutnya untuk merumuskan kebijakan dalam mendukung peningkatan indeks literasi untuk mendukung indeks pembangunan manusia di Kalimantan Barat.

Sumber : Tribun Pontianak

Share Post: