Rapat Koordinasi dan Identifikasi Produk Unggulan Daerah (PUD) dalam rangka Penyusunan RIPJ PID

Pontianak-, Balitbang Provinsi Kalbar selenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Identifikasi Produk Unggulan Daerah (PUD) dalam rangka Penyusunan Rencana Induk Peta Jalan Pemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Daerah (RIPJ PID). Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Balitbang Provinsi Kalimantan Barat Ibu Dra. Mahmudah, MM bertempat di ruang rapat Bappeda Provinsi Kalbar Gedung Terpadu Lantai 3, Kamis (18/07/2024).

Turut hadir sebagai Narasumber utama Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah-BRIN Bapak Dr. Yopi beserta Jajaran, yang melakukan Sosialisasi terkait penyusunan RIPJ PID dan penyusunan Produk Unggulan Daerah (PUD). Kegiatan tersebut juga mencakup OPD baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota.


Adapun tujuan kegiatan rapat koordiansi, adalah untuk bersama-sama menyusun langkah-langkah strategi dalam penyusunan Rencana Induk Peta Jalan Pemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Daerah (RIPJ PID) di Provinsi Kalimantan Barat.

Sama diketahui bahwa Kalimantan Barat memiliki beragam sumber daya alam yang melimpah, serta budaya yang kaya. Potensi ini perlu diidentifikasi dan dimanfaatkan secara optimal agar dapat memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat.

Identifikasi produk unggulan yang tepat akan menjadi pijakan awal untuk merumuskan kebijakan yang lebih efektif. Penyusunan RIPJPID ini merupakan awal dari perjalanan panjang kita untuk meningkatkan kapasitas inovasi daerah.

Rencana ini akan menjadi panduan bagi kita semua dalam mengarahkan sumber daya dan upaya yang ada menuju tujuan yang jelas dan terukur. Setelah diperoleh prioritas Produk Unggulan Daerah (PUD) dan Permasalahan Utama, maka akan dirumuskan rencana awal (ranwal) RIPJ PID Periode 2025-2029. Sesuai timeline penyelesaian ranwal pada minggu ketiga bulan Agustus 2024.


Dokumen tersebut dijadikan pedoman penyusunan RPJMD teknokratik periode tahun 2025-2029. Demikian disampaikan oleh Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan Balitbang Provinsi Kalbar Dr. Abdul Haris Fakhmi, ST, MT selaku Ketua Penyusunan Rancangan RIPJ PID Periode 2025-2029.

18 Juli 2024