Rapat Koordinasi Kelitbangan Provinsi Kalbar Resmi Digelar

By Administrator // Kamis, 29 Agustus 2019 // 01:11 WIB // Umum

MELAWINEWS.COM, SINTANG- Pelaksanaan Rapat Koordinasi Kelitbangan Provinsi Kalbar yang bertema “percepatan pembentukan perangkat daerah penelitian dan pengembangan di Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat” secara resmi di buka Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Provinsi Kalbar, Sri Jumiadatin, di Aula Pendopo Bupati Sintang, Rabu (24/7/19) malam.

Oleh sebab itu berangkat dari beberapa hal tersebut, ujar Sri, muncullah gagasan untuk membentuk lembaga litbang didaerah yang kemudian dipertegas melalui undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah khususnya pasal 209 dan 219 yang mengamanatkan pembentukan badan sebagai perangkat daerah. “Badan dimaksud ditujukan untuk melaksanakan fungsi penunjang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah meliputi perencanaan, keuangan, kepegawaian, pendidikan dan pelatihan serta penelitian dan pengembangan, dengan demikian dalam rangka melaksanakan fungsi penelitian dan pengembangan dapat di bentuk badan litbang daerah,” jelasnya.

 Sementara itu Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Provinsi Kalbar, Emy Poetrina menyebutkan tema yang diangkat dalam rakor ini yakni percepatan pembentukan perangkat daerah penelitian dan pengembangan di Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat. Ia menjelaskan alasan tema tersebut diangkat dikarena melihat kenyataan bahwa hingga saat ini baru terbentuk satu badan litbang dari 14 Kabupaten/Kota di Kalbar ini, yakni di Kab. Ketapang. Sehingga diharapkan kegiatan rakor ini dapat membercepat pembentukan Badan Litbang di Kabupaten/Kota lainnya, yang nantinya dapat meningkatkan penguatan kelitbangan di daerah yang memiliki peran yang sangat strategis dalam mendorong inovasi penyelenggaraan pemerintahan daerah guna percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat. “rakor ini bermaksud menjadi wadah atau forum bagi seluruh pemangku kepentingan terkait kelitbangan dalam menanggapi isu-isu kelitbangan yang berkembang,” kata Emy.

Tambah emy bahwa tujuan dari rakor kelitbangan ini juga untuk membangun koordinasi dan kerjasama di bidang kelitbangan antar Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Kalbar, membangun sinergisitas program kegiatan kelitbangan pusat dan daerah, provinsi serta Kabupaten/Kota, mengindentifikasi dan menginventarisasi masukan, saran dan pertimbangan dalam rangka mewujudkan peningkatan kapasitas kelembagaan dan sinergisitas

Sumber :

oleh Melawis

https://melawinews.com/2019/07/25/rapat-koordinasi-kelitbangan-provinsi-kalbar-resmi-digelar/

Share Post: