Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Kelitbangan Pemerintah Dalam Negeri Tahun 2014

By Administrator // Kamis, 15 Januari 2015 // 10:37 WIB // Penelitian

Jambi - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri RI melalui suratnya Nomor : 080 / 6631 / Sj tanggal 18  November 2014 mengharapkan kepada lembaga Litbangda tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota se-Indoensia untuk hadir dalam kegiatan Rakornas Kelitbangan Pemdagri tanggal 26 s.d 29 November 2014 di Hotel Novita Provinsi Jambi.

 

Kantor Penelitian dan Pengembangan Prov. Kalbar diwakili oleh Kakan Litbang Prov. Kalbar bersama dengan pejabat struktural dan fungsional hadir dalam kegiatan tersebut.

Pertemuan tersebut diawali Sambutan Gubernur Jambi (H.Hasan Basri Agus) selaku tuan rumah perhelatan Rakornas Kelitbangan Tahun 2014. Dalam sambutannya Gubernur Jambi mengharapkan agar Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Daerah berperan aktif dalam meningkatkan daya saing daerah. Apalagi daya saing daerah merupakan kunci agar masyarakat mampu bersaing dalam menghadapi masyarakat Ekonomi ASEAN tahun 2015. Selain itu, Gubernur menyatakan bahwa jika Litbang diposisikan sebagai konduktor perencanaan maka peran kelitbangan dinilai sangat strategis dalam proses pembangunan karena setiap proses pembangunan harus didahului penelitian.

 

Selanjutnya Rakornas Kelitbangan dibuka secara Resmi oleh Menteri Dalam Negeri (Tjahjo Kumolo). Dalam Sambutannya Mendagri menyatakan “ada beberapa poin penting yang perlu dikaji dalam lembaga Litbang khususnya dalam kaitannya dengan pelaksanaan pemerintahan, diantaranya pertama, upaya pembenahan sistem mekanisme penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, kedua penataan aparatur pemerintahan, sesuai dengan UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dan penataan postur birokrasi, baik di pusat maupun di daerah”.

 

Kemudian selaku Ketua Panitia, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Dr. Afriadi S. Hasibuan) dalam laporannya menyampaikan, tema rakornas Tahun 2014 adalah "Penguatan Peran Kelitbangan Berdasarkan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan UU No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara". (Edy A/Litbang Kalbar).

 

Share Post: