Rapat Koordinasi Tim Pengelolaan Jurnal Borneo Akcaya

Pontianak-, Balitbang Provinsi Kalbar laksanakan rapat koordinasi Tim Pengelolaan Jurnal Borneo Akcaya dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi dan akreditasi, yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Provinsi Kalbar Ibu Fatmawati, S.Pd., M.Pd bertempat di ruang rapat Bidang Inovasi dan Teknologi, Selasa (02/07/2024).

Rapat tersebut dihadiri oleh Anggota Penyunting Jurnal diantaranya Prof. Dr. Ir. Rahmatullah Rizieq, M.Si., Dr. Ir. Sutarman Gafur, M. Sc., Drs. Sudarsono, MA., Ph.d., dan Martina, M.Pd serta Tim Pelaksana dari internal Balitbang Provinsi Kalbar.


Pimpinan rapat menyampaikan rencana untuk tahun ini, akan dilaksanakan kegiatan workshop terkait pengelolaan jurnal dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi dan peningkatan indeks Sinta. Jurnal Borneo Akcaya akan didorong menuju publikasi jurnal internasional, oleh sebab itu perlu upaya untuk mengatasi kemungkinan plagiarisme dan perlu tersedianya tim penerjemah serta kerjasama maupun jaringan yang luas.

Selain hal diatas, pimpinan rapat juga menyampaikan gagasan kemungkinan ada rencana publikasi jurnal berbayar bagi setiap penulis yang mengusulkan publikasi. Pembiayaan dimaksud bertujuan untuk mendorong jurnal semakin berkualitas. Namun rencana dimaksud akan di dalami seperti apa mekanisme dan aturannya.

02 Juli 2024