Situs Resmi Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat

Seminar Akhir Penelitian Strategi Pengembangan Fasilitas dan Kawasan Pedesaan Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal (Studi Kasus Daerah Perbatasan Kabupaten Sanggau)

Pontianak-, Balitbang Provinsi Kalimantan Barat bersama Universitas Tanjungpura selenggarakan Seminar Akhir Penelitian Swakelola Tipe 2 tentang Strategi Pengembangan Fasilitasi dan Kawasan Pedesaan Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal (Studi Kasus Daerah Perbatasan Di Kabupaten Sanggau)  yang dilaksanakan pada hari Rabu (29/11/2023) bertempat di Hotel Harris Jalan Gajah Mada Pontianak.

 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Balitbang Provinsi Kalbar Domisius Sintan, S.Sos., M.P.A. dan dihadiri oleh Pembahas (1) Drs. Alexander Rombonang, M.P.A (Staf Ahli Gubernur Kalbar Bidang Sosial dan SDM); (2) Drs. Subhan, M.Si (Kabid Pengendalian Sosbud Bappeda Provinsi Kalbar); (3) Dr. Eka Wulandari, S.STP, M.Ec.Dev (Staf Pelaksana Bappeda Provinsi Kalbar); (4) Drs. Suyanto, M.Si (Kabid Sosial dan Pemerintahan Balitbang Provinsi Kalbar); (5) Didih Abidin, S.IP, M.Si (Widyaiswara pada BPSDM Provinsi Kalbar). Adapun yang Tim Narasumber Tim Peneliti Universitas Tanjungpura antara lain (1) Dr. Erdi, M.Si; (2) Achmad, S.E, M.E; (3) M. Iman Taufik, ME; (4) Ibnu Aswat, S.E., M.Ak, Ak; (5) Arman Jaya, S.Pd.I, M.

 

Dalam sambutannya, Sekretaris Balitbang mengatakan meskipun pembangunan daerah perbatasan antar negara merupakan urusan atau kewenangan Pemerintah Pusat, namun Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat tetap menaruh perhatian karena daerah perbatasan itu tentulah kondisinya serba sangat terbatas. Untuk pengadaan jaringan listrik saja, Pemerintah Pusat membelinya dari negara tetangga Malaysia karena memang dirasakan lebih efisien.

Sebagaimana telah disampaikan sebelumnya bahwa Seminar Akhir Penelitian pada dasarnya adalah tahap akhir sebagai proses yang bersifat ilmiah yang menghadirkan bukti pelaksanaan penelitian berupa data dan fakta yang diperoleh. Selain itu, untuk mendapatkan tanggapan serta masukkan dari peserta sehingga Seminar Akhir Penelitian perlu dilaksanakan sekaligus dimaksudkan untuk menguji Laporan Awal atau Laporan Pendahuluan yang disajikan Tim Peneliti, sebelum nantinya menjadi Laporan Akhir Penelitian.

November 30, 2023

Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat

Website resmi Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat

Jalan Jenderal Ahmad Yani Pontianak Kompleks Kantor Gubernur Kalimantan Barat Kode Pos 78124
Nomor HP Anda
litbang@kalbarprov.go.id