Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Balitbang Masuk 6 Top Kelompok Peragkat Daerah Provinsi Kalbar

By Administrator // Rabu, 06 April 2022 // 11:17 WIB // Umum

Pontianak – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menciptakan praktek terbaik dalam inovasi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggelar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Prov Kalbar (SIVABLIK) Tahun 2022, yang diikuti oleh Perangkat Daerah di Lingkungan Pemprov. Kalbar dan Kabupaten/Kota se-Kalbar.

 

Kompetisi Inovasi ini diikuti sebanyak Total inovasi yang masuk sebanyak 97 proposal, dan telah dinilai oleh 7 orang juri tim panel independen. Sebagai hasil dari pelaksanaan SIVABLIK ini, dilakukan pengumuman pemenang pada 2 kategori yaitu top 6 Pemprov. Kalbar dan top 6 Kabupaten/Kota, bertempat di Aston Hotel Pontianak, Kamis (31/3/2022).

 

Sebelum pengumuman pemenang SIVABLIK, acara diawali dengan penyerahan piagam dan sertifikat untuk Survey Kepatuhan Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Ombudsman RI. hal ini disampaikan oleh Kepala Ombudsman Kalbar Agus Pryiadi dalam sambutannya.

 

Dari survey ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat meraih peringkat 2 nasional dan mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo dan untuk tingkat Kota, Kota Pontianak meraih peringkat 2 secara nasional, pada tingkat Kabupaten, diraih oleh Kabupaten Landak yang meraih peringkat 2 nasional, selain itu, dari 14 Kabupten/Kota di Kalbar ada 9 Kabupaten/Kota yang masuk ke zona hijau. “Berdasarkan penilaian kepatuhan yang dilakukan Ombudsman, pada tahun 2021 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat ini telah terjadi peningkatan drastis, terima kasih kepada Bapak Gubernur dan jajarannya yang telah bekerja keras dalam meraih ini” ujar Agus Priyadi.

 

Selanjutnya, berikut disampaikan daftar pemenang pada SIVABLIK Tahun 2022 :

Top 6 Kelompok Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat :

1. Dinas Pemberdayaan Masyrakat Desa, dengan inovasi SIMULIASARI (Sistem Simulasi dan Informasi Desa Mandiri)

2. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan inovasi GREEN COLLABORATIONS

3. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dengan inovasi KLINIK HATI JASOKA (Klinik Hubungan Industrial Jaminan Sosial Tenaga Kerja)

4. Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, dengan inovasi MBAK KEPO (Mobile Acceleration Kolaborasi Kepariwisataan Ekaf, Pemuda dan Olahraga)

5. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan inovasi, dengan inovasi SENTARUM (Selamatkan Lingkungan Kita dari Perusakan dan Pencemaran)

6. Badan Penelitian dan Pengembangan, dengan inovasi KHATULISTIWA ONE MAP

 

Top 6 Kelompok Pemerintah Kabupaten/Kota :

1. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kubu Raya, dengan inovasi SELEDRI TERINTEGRASI (Selesai Dalam Sehari)

2. UPT Puskesmas Gang Sehat Kota Pontianak, dengan inovasi KLINIK SEHATI (Klinik Sehat Untuk Penderita HIV/AIDS)

3. UPT Puskesmas Pelapis Kabupaten Kayong Utara, dengan inovasi ALAMAK KARIMATA (Anak Lahir Mendapatkan Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga)

4. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pontianak, dengan inovasi DEBAR (Delivery Buku Antar)

5. Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pontianak, dengan inovasi SICEPOY (Sistem Cepat Operasi Yustisi)

6. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Singkawang, dengan inovasi POJOK PINTAR

 

Sumber :

https://kalbarprov.go.id/berita/tingkatkan-kualitas-pelayanan-publik-pemprov-kalbar-gelar-sivablik-2-2.html

 

Share Post: