Visitasi Komisi Informasi Kalbar, Balitbang Ingin yang Terbaik

By Administrator // Senin, 28 Oktober 2019 // 09:19 WIB // Umum

PONTIANAK POST, Ketua Komisi Informasi (KI) Kalbar Syarif Muhammad Herry  bersama Tim Komisi Informasi Provinsi (KIP) melakukan visitasi guna menilai keterbukaan Informasi di Badan Publik, salah satunya ke Badan Penelitian Dan Pengembangan Provinsi Kalbar, pada Kamis (24/10).

 

Visitasi yang dilakukan secara langsung oleh Tim KI ini, untuk memastikan apakah dokumen SAQ secara fisik telah tersedia dan lengkap.

Kedatangan Tim diterima oleh Kepala Badan Litbang Ansfridus Andjioe beserta segenap ASN di lingkungan Litbang.

“Litbang salah satu badan yang kami monitoring dan evaluasi tahun 2019 ini. Monitoring dan evaluasi akan dilaksanakan di sejumlah 154 badan publik, “ujar Syarif Muhammad Herry.

Ia mengatakan bahwa UU no 14 th 2008 memberikan mandat kepada KI untuk melakukan monitoring evaluasi dan hasilnya akan di sampaikan kepada kepala daerah dan publik.

“Indikator yang menjadi penilaian itu berkaitan dengan komitmen kepala badan publik ditingkat provinsi. Kemudian berkaitan dengan kolaborasi dan kordinasi dan berkaitan dengan inovasi,” ujarnya.

“Dengan kita terbuka berarti pelayanan informasi publik dapat terpenuhi, kemudian perhimpunan data yang diperlukan itu akan terkumpul dan juga bisa mendukung pola atau pun visi dari gubernur Kalbar dengan komitmen yang tinggi diikuti dengan kebijakan Pak Midji,” katanya.

 

Seperti pada beberapa hari yang lalu Pemprov telah meresmikan Data Analytic Room yang menjadi satu kebanggaan untuk provinsi Kalbar karena tidak semua provinsi memiliki itu.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat, Ansfridus J. Andjioe mengatakan Balitbang Kalbar dalam menghadapi penilaian dari Komisi Informasi ini benar- benar menyiapkan yang terbaik.

“Semua item Quisioner itu telah kami isi dan penuhi, berikut untuk inovasinya juga sudah kami laksanakan sesuai dengan tupoksi Badan Litbang. Inovasi untuk keterbukaan informasi ini sudah kami rancang sejak awal. Silahkan di kunjungi webnya. Kami punya inovasi Jurnal Online, Jurnal Gadget Friendly, Inovasi Pelayanan Informasi Kelitbangan Berbasis Geospasial dan inovasi Database Kelitbangan yang dalam proses penyempurnaan, ” ujar Ansfridus.

Ia ingin Balitbang Kalbar sebagai percontohan untuk keterbukaan informasi. “Jadi nanti semua bisa lihat hasil penelitian apa yang dilakukan dan hasilnya. Kita ingin semua terbuka dan tidak ada hal yang ditutupi,” pungkasnya.(Balitbang Kalbar)

Sumber :

https://pontianakpost.co.id/visitasi-komisi-informasi-kalbar-balitbang-ingin-yang-terbaik/

Share Post: